Wajib Diketahui, Penderita Asam Lambung Disarankan Konsumsi 5 Makanan Ini

Lidah buaya/shopee.co.id

PANGANGIZI.COM – Berita Nasional yang dikutip PANGANGIZI.COM tentang makanan untuk penderita asam lambung.

Penderita asam lambung tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan.

Salah memilih makanan atau minuman tertentu dapat memicu gejala asam lambung naik seperti sakit perut bagian atas, rasa panas di dada, mual, pusing, dan sebagainya.

Sebaiknya hindari makanan pedas, makanan dengan rasa masam tinggi, dan berlemak tinggi.

Penyakit asam lambung yang sering dikenal juga dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan kesehaan yang cukup sering banyak diderita orang dewasa.

Tanda-tanda umum saat terjadi asam lambung adalah sering mulas, batuk, nyeri dada dan regurgitasi, terutama di malam hari.

The Mayo Clinic menyarankan untuk menurunkan berat badan berlebih, makan makanan kecil dan menghindari alkohol dan nikotin.

Tak lupa juga melakukan pola makan yang sehat untuk meringankan gejala.

Berikut makanan untuk penderita asam lambung :

1. Pisang

Dilansir dalam AARP.org, buah pisang mengandung asam rendah yang dapat membantu mereka yang mengalami refluks asam dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi dan membantu memerangi ketidaknyamanan.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga dapat membantu menangkal gangguan pencernaan. Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang adalah pektin yang membantu memindahkan isi perut melalui saluran pencernaan.

2. Putih telur

Putih telur adalah pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung.

Putih telur agar lebih aman dikonsumsi penderita asam lambung sebaiknya diolah dengan cara direbus.

Selain itu, putih telur juga mengandung tinggi protein yang baik untuk memperbaiki jaringan dan sel tubuh.

3. Lidah buaya

Lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk asam lambung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Environmental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya terbukti bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti inflamasinya.

4. Sayuran

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak dan gula serta membantu mengurangi asam lambung. Sayuran bisa jadi pilihan yang bagus termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang dan mentimun.

5. Lemak sehat

Saat asam lambung sedang kambuh, Anda dapat mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari.

Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul ‘5 Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Enak dan Aman’ https://food.detik.com/info-sehat/d-5368157/5-makanan-untuk-penderita-asam-lambung-yang-enak-dan-aman