Terkendala Anggaran, Penelitian Obat Herbal Sambiloto untuk Menyembuhkan Covid-19 Belum Dilakukan

Penelitian Obat Herbal Sambiloto/tribunnews.com

PANGANGIZI.COM – Berita Nasional yang dikutip PANGANGIZI.COM tentang Satgas Covid-19 bersama Gubernur Sumatera Utara membahas obat herbal bernama Sambiloto.

Satuan Gugus tugas (Satgas) Covid-19 bersama Gubernur Sumatera Utara sempat membahas obat herbal bernama Sambiloto beberapa waktu lalu.

Obat herbal tersebut rencananya akan diuji oleh para pakar kesehatan di laboratorium enam kampus di Sumatera Utara.

Namun hingga saat ini masih belum ada kabar terbaru mengenai obat yang diperkirakan dapat berpotensi untuk dijadikan obat herbal Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Umar Zein salah satu Pakar Kesehatan yang turut serta untuk penelitian uji klinis obat herbal Sambiloto angkat bicara Sabtu (11/9/2021).

Menurut Umar, hingga saat ini dirinya belum bisa mengatakan obat sambiloto itu sebagai obat herbal Covid-19.

Hal itu disebabkan penelitian obat tersebut belum berjalan hingga saat ini.

“Memang betul pemerintah telah membuat tim untuk penelitian ini, tapi saat ini belum ada penelitian itu karena anggarannya belum cair,” paparnya.

Dikatakannya juga untuk segi persiapan baik para ahli, tempat dan rencana penelitian sebagainya sudah siap dari beberapa bulan lalu.

“Masih nunggu dana penelitian cair. Semua sudah siap  bahkan SK nya sudah ada tinggal jalan. Namun kita tidak bisa gerak jika dana belum turun,” paparnya.

Untuk proses penelitian obat herbal Covid-19 ini dikatakan Umar paling cepat 3 bulan lamanya. “Iya itu biasanya penelitian paling cepat 3 bulan apalagi jika persiapannya sudah mateng,” ucapnya.

Namun harapan obat herbal Sambiloto bisa diteliti itu menurut Umar mulai pudar, pasalnya 3 bulan lagi sudah  memasuki akhir tahun.

“Tidak mungkin penelitian pada akhir tahun karena mungkin sudah ada pengajuan anggaran lainnya,” jelasnya.

Bukan hanya itu penelitian ini juga bisa memakan waktu, untuk itu ada kecil kemungkinan menurutnya obat herbal Sambiloto bisa diuji klinis. “Tapi gak tau ya, kita lihat aja kedepan,” terangnya.

Untuk itu ia berharap agar pemerintah dapat segera mencairkan dana penelitian guna penemuan obat herbal yang diyakini dapat menyembuhkan virus Covid-19.

“Diharapkan  supaya untuk didorong lah segera ada dana atau anggaran dananya agar tim bisa melakukan penelitiannya. Karena ini sudah mau akhir tahun, karena kalau sudah akhir tahun gak bisa lagi lakukan penelitian,” jelasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Penelitian Obat Herbal Sambiloto untuk Menyembuhkan Covid-19 Terkendala Anggaran, https://medan.tribunnews.com/2021/09/11/penelitian-obat-herbalsambiloto-untuk-menyembuhkan-covid-19-terkendala-anggaran.