Tak Hanya Bikin Hangat, Ini 7 Manfaat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi susu jahe / jabarekspres.com

PANGANGIZI.COM – Susu jahe merupakan salah satu minuman yang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, manfaat susu jahe bagi kesehatan sangat banyak, sehingga banyak disukai.

Selain nikmat diminum ketika cuaca dingin, susu jahe diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah risiko penyakit jantung. Benarkah demikian?

Biasanya orang Indonesia mengonsumsi jahe untuk mengobati masalah pencernaan, bahkan dipercaya mampu menurunkan kolesterol.

Namun ternyata ada manfaat lain dari mengonsumsi susu jahe yang jarang diketahui orang.

Dilansir dari berbagai sumber beriku sejumlah manfaat susu jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Susu jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Karena jahe membuat tubuh Anda secara otomatis membunuh kuman berbahaya dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam susu jahe dapat melindungi dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Radikal bebas yang berada di udara dapat mempengaruhi bagian dalam dan luar tubuh kita. Bahkan dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung. Dengan rutin minum susu jahe  membuat kita tetap sehat dan terlindungi.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat susu jahe yang ketiga untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Susu jahe dapat memberi kelegaan yang memuaskan jika dikonsumsi saat Anda menderita sakit tenggorokan.

Pilek, batuk, dan flu yang menyebabkan infeksi tenggorokan membuat tenggorokan Anda parah dan mengalami kesulitan dalam minum, makan, dan bahkan berbicara. Segelas susu jahe bisa melegakan tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Meningkatkan daya pencernaan

Manfaat susu jahe yang keempat untuk membantu meningkatkan daya pencernaan. Jahe adalah yang terbaik untuk sistem pencernaan. Susu jahe mampu melindungi Anda dari sakit perut, sembelit, keasaman, refluks asam, dan lain-lain.

Meminumnya setelah sarapan dapat menjauhkan Anda dari semua masalah kesehatan yang terkait pencernaan.

4. Mencegah kanker

Susu jahe dianggap dapat mencegah risiko penyakit kanker. Kandungan omega-3 yang terkandung dalam susu organik dipercaya dapat mengurangi penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.Selain itu, susu organik juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam mengurangi risiko kanker usus besar dan rektum.Fungsi ini kian optimal dengan kehadiran jahe. Tanaman herbal ini mengandung komponen 6-gingerol yang berfungsi sebagai zat antikanker.

5. Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Selain mencegah kanker, susu jahe juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Omega 3 yang terkandung pada susu memiliki sifat antioksidan yang mencegah terjadinya penyakit. Jadi dengan rutin minum susu jahe, kamu akan terhindari dari penyakit jantung, stroke, dan sejenisnya.

6. Membantu Mengatasi Asam Lambung

Sifat jahe yang menghangatkan tubuh dapat mengurangi asam serta gas yang terdapat pada lambung. Jahe sebagai obat masuk angin ampuh dalam menghilangkan gejala asam lambung seperti mual dan muntah. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung sangat disarankan untuk mengonsumsi susu jahe secara rutin.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat susu jahe berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Nutrisi pada susu dapat meningkatkan fungsi otak serta mencegah turunnya fungsi otak seperti alzheimer atau pikun. Ditambah dengan kandungan antioksidan pada jahe, dapat melindungi otak dari stres serta peradangan. Perlu kamu ketahui bahwa stres dan peradangan dapat mengakibatkan penuaan dini. Jadi untuk menjaga fungsi otak agar tetap optimal, minumlah susu jahe secara rutin.

(*)