Tak Hanya Air Putih, Ini 5 Makanan dan Minuman untuk Cegah Dehidrasi

Buah Semangka/tribunnews.com

PANGANGIZI.COM – Rasa haus adalah salah satu sinyal bahwa seseorang mengalami dehidrasi, hal ini bisa terjadi lantaran terdapat banyak cairan yang hilang dari tubuh daripada yang masuk.

untuk mencegah dehidrasi tak hanya dengan minum air putih, asupan cairan tubuh juga dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan serta beberapa jenis minuman lainnya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, termasuk cuaca panas, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang mampu untuk mencegah dehidrasi.

1. Kaldu dan Sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup juga memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci utama dalam hidrasi. Terlebih lagi, kaldu tulang dan sup dengan tambahan protein hewani juga penting untuk menjaga kesehatan persendian, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.

Jika anda membuat kaldu tulang di rumah, pastikan memasaknya lebih dari 8 jam untuk meningkatkan kandungan kalsium dan magnesium. Mineral ini penting untuk memperkuat tulang dan otot. Anda juga bisa menambahkan sayuran untuk meningkatkan nutrisi.

2. Semangka

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, semangka dikenal sebagai buah rendah kalori yang mengandung sekitar 92% air. Tak hanya itu, semangka juga memiliki beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, mangan, dan antioksidan, yang baik untuk tubuh.

Selain baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi, kandungan antioksidan likopen di dalam semangka juga bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

3. Air Kelapa

Air kelapa sangat baik untuk diminum saat anda mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat. Ini sangat penting jika anda mengalami dehidrasi dan tidak dapat menahan banyak hal lain. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Satu studi kecil menemukan bahwa air kelapa dapat mengembalikan cairan yang hilang selama berolahraga. Namun, sebagian peserta juga melaporkan bahwa mereka merasa sakit perut setelah meminum air kelapa. Jika anda mengalami mual atau muntah, pastikan untuk minum air kelapa secara perlahan.

4. Susu

Susu mungkin tidak terlihat seperti minuman yang cocok saat sedang berhadapan dengan sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi, tetapi ilmu pengetahuan mengatakan bahwa susu sebenarnya cukup bagus untuk meningkatkan kadar hidrasi. Susu lebih efektif daripada air dalam rehidrasi tubuh. Hal itu mungkin disebabkan karena tingginya kadar natrium dan kalium yang dimiliki susu.

5. Jus Jaruk

Jus jeruk sebenarnya lebih baik daripada air dalam menghidrasi manusia. Jus jeruk mengandung gula alami dan bahan-bahan lainnya, dan penting untuk diingat bahwa dengan meminum jus jeruk akan sangat membantu dalam mengembalikan cairan yang hilang.

(*)