Suka Minum Kopi? Ini Cara Meracik Kopi Kaya Akan Vitamin dan  Antioksidan 

Ilustrasi kopi dan kayu manis / republika.co.id

PANGANGIZI.COM – Minuman kopi merupakan adalah salah satu minuman yang sering dikonsumsi olah banyak orang.

Dengan rasanya yang khas membuat banyak orang menyukai kopi untuk dikonsumsi setiap harinya.

Bahkan tak jarang dari mereka suka minum kopi mengklaim dirinya adalah pecinta kopi.

Namun ternyata kopi bisa diperkaya dengan vitamin dan juga antioksidan lho. Terlebih dimasa pandemi Covid-19  seperti ini, vitamin dan antioksidan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mayoritas kandungan kopi adalah kafein. Sedangkan sejumlah kecil lainnya adalah potasium, magnesium, dan niasin. Anda bisa membuat kopi menjadi minuman bernutrisi tinggi dengan menambahkan vitamin dan antioksidan alami.

Berikut ini sejumlah cara untuk memperkaya kopi dengan dengan vitamin dan juga antioksidan dilansir dari CCNIndonesia.com

1. Tambahkan kayu manis

Cara membuat kopi kaya vitamin dan antioksidan adalah dengan menambahkan kayu manis. (Foto: stevepb/Pixabay)
Taburkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis di cangkir kopi Anda. Kayu manis merupakan rempah dengan kandungan antioksidan yang tertinggi. Penelitian menunjukkan kandungan kayu manis dapat memberikan perlindungan pada jantung, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Tambahkan jahe

Tambahkan sedikit jahe ke dalam kopi Anda. Jahe akan membuat rasa kopi menjadi lebih aromatik dan sedikit pedas. Dikutip dari Healhline, jahe mengandung senyawa anti-inflmasi yang kuat. Konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan mual, melancarkan pencernaan, dan menurunkan kolesterol.

3. Tambahkan kunyit

Selain jahe, kunyit juga dapat ditambahkan ke kopi Anda. Kandungan senyawa kurkumin di dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Studi menunjukkan konsumsi kunyit dapat membantu detoksifikasi, melancarkan pencernaan, dan meringankan gejala depresi.

4. Kakao

Padukan cokelat dengan kopi Anda. Pilih bubuk kakao murni. Cokelat mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi kakao juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan baik untuk kesehatan otak.

5. Jamur

Campurkan bubuk jamur ke dalam segelas kopi. Jamur memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan prebiotik di jamur juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itulah cara membuat kopi kaya vitamin dan antioksidan yang bisa Anda coba di rumah. (*)