Sop Tulang Sumsum Favorit di Cabe Merah

Balikpapan saat ini bisa dibilang tak hanya sebagai kota minyak maupun industri saja. Bahkan bisa dibilang kota berjuluk Banua Patra ini sudah menjadi sebuah kota untuk wisata kuliner. Sebab hingga saat ini sudah terdapat berbagai macam warung, kafe hingga restoran menjamur di kota pesisir Kalimantan Timur ini.

Di pusat perbelanjaan hingga mal pun contohnya, sudah menjamur puluhan hingga ratusan tenan kuliner di seluruh mal yang ada di kota tersebut. Semuanya pun memiliki gaya atau style tersendiri untuk memanjakan para pecinta kuliner. Salah satunya tenan Cabe Merah yang ada di area Lower Ground ini.

Waralaba yang sudah memiliki dua cabang di kota Balikpapan memiliki gaya kuliner yang mayoritasnya kuliner nusantara. Meskipun hampir semua menu yang dimiliki adalah menu lokal namun tidak lupa juga memiliki beberapa menu lainnya. “Kita ada menu oriental juga. Meskipun mayoritas menu yang ada menu lokalan semua,” kata Area Manager Rully Effendi.

Meskipun menu nusantara bukan berarti suasananya menjurus tradisional loh. Suasan restorannya ini justru mengikuti perkembangan zaman dan lebih eye catching. Mulai dari lampu hias berbentuk sangkar yang unik. Diatasnya pun diberikan sedikit ornamen dedaunan artificial alias buatan sebagai pemanisnya. Di ujung dari restoran ini pun memiliki satu buah pot tanaman buatan berukuran besar. Seolah-olah memberikan sensasi kenyamanan kepada para pengunjung yang ingin bersantai sembari menikmati menu yang dipesan.

Warna dinding yang kalem semakin menambah suasana santai ketika menyambangi tempat tersebut. Belum lagi hiasan dinding yang menempel semakin memperindah desain dari restoran tersebut. Di restoran ini dibagi menjadi dua ruangan. Ruangan pertama adalah ruangan non-AC. Tujuannya agar para tamu yang merokok bisa merokok santai di ruangan tersebut. Kemudian ruangan utama yang ber-AC khusus bagi pengunjung yang tidak ingin merokok. “Ada dua ruangan. Bagi yang merokok kita sediakan tempat khusus,” kata Rully.

Harga makanan yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kelas restoran. Sekitar Rp 35 ribuan per porsi merupakan harga rataan menu yang dimiliki. Sekitar 50an lebih mnenu yang tersaji di tenan tersebut. “80 persennya menu nusantara,” ucap Rully lagi.

Restoran ini buka setiap hari. Sekitar pukul 10 pagi restoran ini sudah siap melayani para pengunjung mal. “Buka jam 10 sampai 21.45 malam. Sabtu buka sampai jam 10 malam. Untuk last order biasanya 15 menit sebelum tutup,” kata Rully

Bisa Adakan Arisan

Memiliki ruangan yang dapat menampung hingga ratusan orang membuat restoran Cabe Merah bisa mengadakan acara- acara keluarga maupun kantor. Bahkan di restoran yang berlokasi di area Lower Ground mal e-Walk Balikpapan Super Block ini bisa melayani jasa reservasi tempat untuk mengadakan acara. Baik itu acara bersifat formal hingga non formal semacam arisan.

“Kita bisa melayani reservasi buat acara arisa, rapat ataupun acara keluarga,” kata Area Manager Rully Effendi. Untuk bisa menyewa tempat sebaiknya reservasi paling lambat satu hari sebelumnya. Nantinya para karyawan akan menyiapkan meja yang akan dipakai.

Uniknya lagi saat acara bisa memesan langsung menu yang dimiliki restoran tersebut. “Tidak ada menu buffet. Jadi langsung pesan menu apa yang disukai. Itu tergantung selera masing-masing,” kata Rully.

Sop Tulang Sumsum Jadi Favorit

Kuliner khas Nusantara menjadi daya tarik bagi di tenan Cabe Merah. Tenan yang berlokasi di area Lower Ground mal e-Walk Balikpapan Super Block ini menyajikan aneka macam kuliner Nusantara nan nikmat.

Namun ada satu menu kuliner yang jadi khas di restoran ini. Namanya adalah Nasi Sop Tulang Sumsum. Bisa dibilang kuliner satu ini merupakan primadona di restoran ini. Dalam sajian ini menyajikan satu bagian tulang paha sapi. Tulang dicuci bersih kemudian direbus di dalam kuah yang sudah dibumbui. Rebus hingga matang lalu siap disajikan. Sajikan di dalam mangkuk yang sudah berisikian kuah sop yang nikmat.

Saat disajikan sop berada di dalam kondisi panas. Ini bertujuan menjaga kelembutan sumsum yang ada di dalam tulang tersebut. “Kalau dingin nanti sumsumnya mengeras. Sebaiknya dimakan dalam kondisi panas,” kata Area Manaeger Cabe Merah Rully Effendi.

Cara menikmatinya dengan menyedot sumsum tulang yang dilubangi. Lebih enak lagi jika kuah sopnya dituang ke dalam tulang. Kuah rempah nan nikmat dan rasa sumsum yang gurih menyatu ketika disedot.

Selain itu terdapat sajian makanan Nusantara lainnya seperti Nasi Rames Kuning, Nasi Bakar Isi Tempe dan ikan nila sambal tempe menjadi beberapa kuliner favorit. Semangkuk Sop Tulang Sumsum dibanderol Rp 47 ribu saja. Selamat Mencoba.