Sejumlah Manfaat Kubis, Mencegah Kanker hingga Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Kubis (Sumber foto: Idntimes.com)

PANGANGIZI.COM – Kubis atau biasa dikenal dengan nama sayur kol adalah salah satu jenis yang sudah tak asing lagi bagi anda. Jenis sayuran ini juga gampang diperoleh.

Walau mudah ditemui dan tak memiliki rasa yang terlalu kuat di lidah, tak semua orang menyukai sayur ini. Padahal, di dalam lembarannya sesungguhnya tersimpan manfaat yang sangat besar.

Terdapat serat, kalsium, vitamin B6 dan C pada sayur ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Sejumlah kandungan bergizi dari kubis membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut sejumlah manfaat kubis untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Kubis mengandung sulforaphane, senyawa yang dipercaya bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran silangan seperti kubis berkaitan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan banyak penyakit serius seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus. Sayuran cruciferous, yakni tanaman dari keluarga kubis mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan kronis.

Antioksidan seperti sulforaphane dan kaempferol yang ditemukan dalam kubis memberikan efek anti-inflamasi, sesuai penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Clinical Phytoscience.

3. Melancarkan pencernaan

Sayuran ini mengandung serat tidak larut yang ramah usus. Seperti yang diketahui, serat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur.

4. Menjaga berat badan

Karena rendah kalori, kubis menjadi pilihan yang sangat baik untuk manajemen berat badan. Ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang meningkatkan tingkat energi dan menciptakan rasa kenyang di perut. Sehingga, dapat mengurangi rasa lapar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kubis merah mengandung senyawa kuat yang disebut antosianin. Kubis mengandung lebih dari 36 jenis antosianin. Mengutip Healthline, beberapa penelitian menemukan hubungan antara mengonsumsi makanan yang kaya akan pigmen ini denagn penurunan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 93 ribu wanita, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya antosianin memiliki risiko serangan jantung yang jauh lebih rendah.

6. Menurunkan tekanan darah

Makan lebih banyak kubis yang kaya kalium adalah cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kubis juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

(*)