Sejumlah Manfaat Buah Kiwi, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Buah Kiwi/beritasatu.com

PANGANGIZI.COM – Kiwi sebetulnya adalah buah beri yang berukuran besar. Buah satu ini berasal dari salah satu spesies pohon merambat genus Actinidia.

Bentuknya lonjong dan rata-rata memiliki ukuran serupa telur ayam. Kulitnya berwarna cokelat kehijauan, berserat, serta dilapisi oleh bulu halus.

Buah kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Rasanya yang segar membuat kiwi dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, misalnya dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies,keik, kue, jus, hingga puding.

Manfaat buah kiwi bagi tubuh adalah sebagai sumber nutrisi yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, buah kiwi baik dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut sejumlah manfaat buah Kiwi:

1. Meredakan asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma, seperti mengi dan sesak napas. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada penderita asma yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk buah kiwi.

2. Menurunkan tekanan darah

Buah kiwi memiliki beberapa senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat salah satu manfaat buah kiwi adalah dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang muncul akibat hipertensi, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah kiwi lainnya yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan, berkat kandungan karoten, antioksidan, serta lutein dan zeaxanthin. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula sebesar 36%.

4. Menyehatkan kulit

Pada buah kiwi, kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu komponen penyusun sel-sel kulit. Kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan mengurangi kemunculan garis-garis halus.

Di samping itu, kiwi juga mengandung vitamin E dalam bentuk tocopherol. Vitamin E adalah komponen antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari zat-zat berbahaya radikal bebas dan sinar matari.

5. Mencegah Sembelit

Penelitian dilakukan pada buah kiwi yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB). Kiwi bisa menjadi alternatif alami sebagai obat pencahar untuk orang yang menderita sembelit ringan.

6. Mengurangi risiko pembekuan darah

Penelitian menemukan, konsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan penurunan jumlah lemak dalam darah. Bekuan darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

(*)