Profile Program Studi S1 Teknologi Pangan IPB University

PANGANGIZI.COM – Profil Program studi S1 Teknologi Pangan IPB University mempelajari penerapan ilmu pangan untuk pemilihan, pengawetan, pengolahan, pengemasan, distribusi, dan penggunaan pangan yang aman, bergizi, dan sehat pada skala industri.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Teknologi Pangan mampu bekerja di industri pangan, instansi pemerintah (BPOM, LIPI, dll), serta bekerja sebagai wirausaha.

Lulusan dapat mengambil posisi di bidang:

  • produksi
  • pasokan bahan pangan (supply chain)
  • penelitian dan pengembangan pangan (R&D)
  • teknik proses
  • kualitas dan sistem keamanan pangan
  • analisis dan kontrol kualitas (QC/QA)
  • urusan regulasi (regulatory affair)
  • pemasaran, dll.

MENGAPA MEMILIH S1 TEKNOLOGI PANGAN IPB

Program studi diakui secara nasional (akreditasi A) dan internasional (IFT dan IUFoST)

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan Bahasa Indonesia (kelas reguler) dan Bahasa Inggris (kelas Bahasa Inggris & kelas internasional)

Tenaga pengajar berkualitas

Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan memiliki 42 orang dosen (86% bergelar doktor). Dosen ITP aktif berkiprah di kancah nasional & internasional.

Fasilitas lengkap dan mendukung

Laboratorium meliputi Lab. Kimia Pangan, Lab. Biokimia Pangan, Lab. Mikrobiologi Pangan, Lab. Pengolahan Pangan, Lab. Sensori, Pilot Plant, Technopark, Advanced Lab., dll.

Kurikulum yang mengasah skill mahasiswa

Kurikulum dikembangkan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan riil yang diperlukan di dunia kerja.

Kesempatan beasiswa pertukaran ke luar negeri

Universitas mitra meliputi UPM (Malaysia), UiTM (Malaysia), Mae Fah Luang University (Thailand), Sophia University (Jepang), Tokyo University of Agriculture and Technology (Jepang), Tohoku University (Jepang), dll.

JALUR MASUK

  1. SNMPTN
  2. SBMPTN
  3. UTM-BK
  4. Ketua OSIS
  5. PIN
  6. BUD
  7. Kelas Internasional

SEKILAS INFO

Program studi Teknologi Pangan pertama di luar Amerika Utara yang mendapat pengakuan Institute of Food Technologists (IFT) dan International Union of Food Science and Technology (IUFoST)

Mayoritas lulusan program S1 Teknologi Pangan IPB (87.1%) bekerja di bidang terkait pangan, terutama industri pangan nasional (59.8%) dan multinasional (27.3%), serta instansi pemerintah (3%), dan bidang lainnya (10%) dengan masa tunggu memperoleh pekerjaan pertama selama 2-3 bulan (survey tahun 2015-2018).

 QUOTES

Untuk mencapai ketahanan pangan, kebutuhan pangan harus dapat kita penuhi sendiri. Dengan rekayasa proses pangan, jumlah individu yang sehat, aktif, dan produktif di Indonesia akan bertambah.

Prof. Purwiyatno Hariyadi
Dosen Dept, Ilmu dan Teknologi Pangan IPB
Vice-Chair Codex Alimentarius Commi

KONTAK
IG : foodtech_id
Website : fst.ipb.ac.id
Telepon: 62-251 8626725
Email” dfst@apps.ipb.ac.id