Petani Paser Dapat Bantuan Sapi dan Kambing Rp 3 Miliar

PANGANGIZI.COM – Pemkab Paser alokasikan anggaran melalui dana aspirasi atau Pokok Pikiran (Pokir) dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Paser seperti dilansir Tribun Kaltim (1/2).

Bantuan tersebut berupa sapi dan kambing dengan total keseluruhan anggaran sebesar Rp 3 miliar yang akan diberikan kepada 19 kelompok tani, Minggu (31/1).

Rencananya penyaluran bantuan tersebut yang akan dilakukan Dinas Peternakan dan Perkebunan Paser pada akhir tahun. Untuk kelompok tani yang ingin mendapat bantuan ternak, harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Nantinya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi kelompok tani yang mendapat bantuan tersebut, jadi tidak serta merta hanya langsung diberikan,” jelas Edi Suherman, Kasi Perbibitan dan Produksi Ternak Kabupaten Paser.

Persyaratan yang harus dipenuhi lanjutnya, ada rekomendasi dari Kepala Desa (Kades) yang menyatakan kelompok tersebut ada berdasarkan domisili daerahnya. Kemudian, surat keputusan dari desa terkait pembentukan kelompok dengan artian kelompok tani tersebut memang dibentuk di desa tersebut dan diketahui Kadesnya.

Selanjutnya, terdaftar di Sistem Penyuluhan Pertanian (Simhultan) dari Kementerian. “Dengan adanya registrasi Simhultan dari Kementerian berarti diakui secara Nasional bahwa kelompok ini ada,” tandas Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, rekomendasi kelayakan kelompok dari petugas setempat sebagai persyaratan terakhir untuk mendapatkan bantuan sapi dan kambing tersebut.

“Jadi kita, di masing-masing Kecamatan ada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehat Hewan (Puskeswan) wilayah yang nantinya akan meninjau kelayakan kelompok tersebut,” paparnya.

Kalau kelompok tersebut sudah mendapat rekomendasi, jelas Edi, mereka harus membuat anggaran dasar dan rumah tangga kelompok sebagai persyaratan akta notarisnya. Sebanyak 18 kelompok tani yang akan medapat bantuan sapi dengan jumlah keseluruhan diperkiran 300 ekor, dan 1 kelompok yang dapat jatah kambing.