Pengolahan Susu Kental Manis dan Krimer Kental Manis

Pembuatan Susu Kental Manis dan Krimer Kental Manis secara umum sama, yang membedakan hanya formulasinya. Dimulai dengan persiapan bahan baku yang terdiri dari susu segar/susu bubuk/susu skim, air, gula, penstabil nabati, lemak susu / lemak nabati, vitamin dan mineral, dan bahan-bahan lainnya sesuai formula. Bahan baku tersebut di campur dan dilarutkan didalam mixing tank. Kemudian produk melalui tahap filtrasi untuk mencegah bahaya fisik masuk ke produk akhir.

Kemudian produk dihomogenisasi untuk menyeragamkan ukuran lemak dan mencegah berkumpulnya partikel lemak yang berukuran besar. Lalu di pasteurisasi. Pasteurisasi dilakukan dengan melewatkan produk pada Plate Heat Exchanger untuk membunuh mikroba pembusuk sehingga produk aman dikonsumsi. Selanjutnya adalah evaporasi menggunakan prinsip evaporasi pendingin vakum dengan menggunakan kombinasi suhu rendah dan kondisi vakum untuk menguapkan air dalam produk dan meminimalisir kerusakan produk.

Poduk panas (50-60oC) dialirkan melalui flash cooler memasuki proses vakum dan pendinginan secara bertahap sehingga konsentrasi akan meningkat. Lama dan suhu flash cooler disetting sedemikian rupa agar menghasilkan produk akhir dengan kadar air yang diinginkan. Dalam proses ini juga dilakukan seeding lactose, yaitu penambahan laktosa bubuk dengan spesifikasi tertentu yang bertujuan untuk mempercepat pembentukan kristal laktosa yang berpengaruh terhadap tekstur produk akhir.

Pembentukan kristal laktosa berperan dalam pemberian tekstur berpasir (sandiness) yang ada pada susu kental manis. Bila kristal laktosa yang terbentuk terlalu besar maka produk yang dihasilkan bertekstur kasar, sedangkan bila berukuran kecil terasa smooth. Produk dialirkan ke dalam Tangki Aging untuk didiamkan selama 2 jam dengan pengaduk yang terus bergerak untuk memberikan kesempatan terbentuknya kristal laktosa yang berukuran seragam dan merata. Selanjutnya produk dimasukkan kedalam kemasan kaleng yang telah disterilisasi untuk menjaga kualitas produk susu kental manis.