Mudah Dilakukan, Begini Cara Praktis Menanam Buah Naga

Buah Naga/okezone.com

PANGANGIZI.COM – Buah naga adalah salah satu buah-buahan yang cukup populer di Indonesia.

Bentuk dan rasa buah ini cukup khas.

Buah dari tanaman sejenis kaktus ini memiliki jumbai-jumbai yang dianggap mirip sisik naga.

Tergantung jenisnya, buah naga bisa berwarna merah menyala, merah gelap, atau kuning.

Selain itu, buah naga memuat berbagai nutrisi. Buah naga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Walaupun kelihatannya unik, buah naga mudah dibudidayakan di daerah tropis. Tanah di ketinggian 0-1.200 mdpl umumnya cukup baik menjadi medium tanaman ini tumbuh dan berbuah.

Lalu, bagaimanakah cara menanam buah naga hingga berbuah? Berikut tips mudah menanam dan merawat buah naga sebagaimana disarikan laman Cyber Extension Kementerian Pertanian RI.

Cara menanam buah naga

Buah naga bisa ditanam dengan cara generatif (menggunakan biji) atau vegetatif (menggunakan bagian tertentu tanaman).

Anda pun tidak perlu menyiapkan lingkungan khusus untuk menanam buah naga. Buah ini bisa dibudidayakan hampir di mana saja. Di halaman rumah pun bisa.

Meskipun demikian, sebelum menanam buah naga, Anda tentu perlu menyiapkan lahan tanam yang baik.

Media tanam terbaik untuk menanam buah naga adalah campuran kompos, tanah, serta pasir dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan juga sedikit kapur ke media tanam.

Sebaiknya tancapkan juga tiang panjat dalam lubang tanaman. Pasalnya, buah naga adalah tanaman rambat yang membutuhkan media panjat.

Anda disarankan menanam buah naga dengan cara stek yang tingkat keberhasilannya paling tinggi. Batang stek yang bagus adalah dari batang yang sudah tua dan telah berbuah tiga atau empat kali.

Cara merawat tanaman buah naga hingga berbuah

Buah naga tidak memerlukan perawatan khusus agar tumbuh subur dan berbuah. Namun, perawatan konsisten sebaiknya dilakukan.

Perawatan tanaman buah naga tidak berbeda dengan tanaman lain pada umumnya, yakni pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan secara rutin.

Agar tanaman Anda cepat berbuah, proses penyerbukan perlu diperhatikan. Penyerbukan buah bisa terjadi secara alami, tetapi bisa dipercepat dengan tangan manusia.

Cara itu bisa dilakukan ketika mahkota bunga sudah mekar sempurna.

Apabila sudah mekar, oleskan benang sari kepada putik bunga dengan alat yang bersih dan kering. Lakukan perlahan dan hati-hati agar tangkai putik tidak patah.

Setelah melakukannya, Anda tinggal meneruskan perawatan rutin tanaman buah naga dan menunggunya berbuah. (*)

Artikel ini telah tayang di kompas.tv dengan judul ‘Minggu Pagi, yuk Menanam Buah Naga, Caranya Praktis dan Mudah Dilakukan’ https://www.kompas.tv/article/249678/minggu-pagi-yuk-menanam-buah-naga-caranya-praktis-dan-mudah-dilakukan?page=3