Minum Sehat Dapat Menurunkan Berat Badan

Minuman apa pun yang ada didalam gelas kita menambahkan sekitar 483 kalori, di samping mengonsumsi makanan harian.

Nah, tapi kita juga harus memperhatikan kebiasaan minum seperti apa yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Hal ini penting supaya kita lebih mudah menentukkan kebiasaan minum yang sehat untuk menurunkan berat badan.

1. Jangan bergantung pada minuman rendah kalori.

Minuman diet atau rendah kalori bukanlah solusi untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Public Health meneliti lima orang dewasa di Amerika Serikat dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Lima responden tersebut semuanya mengonsumsi soda rendah kalori.

Hasilnya, satu di antaranya justru mengonsumsi lebih banyak kalori secara signifikan, dibandingkandengan peminum soda bergula yang kelebihan berat badan.

2. Minum beberapa gelas air sebelum makan.

Meminum beberapa gelas air putih sebelum makan juga dapat mengurangi berat badan.

Ketika orang dewasa yang mengalami obesitas didorong untuk minum dua gelas air sebelum makan, dan bisa memangkas hingga 4,31 kilogramselama 12 minggu.

3. Mengonsumi protein shake sebelum tidur.

Jika kita berolahraga untuk menurunkan berat badan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pentingnya mendapatkan lebih banyak protein dalam makanan.

Banyak bukti yang menunjukkan, ketika kita sering berolahraga, maka mengonsumsi protein shake sebelum tidur dapat membantu otot tumbuh lebih kuat dan besar.

Sebab, otot menggunakan lebih banyak energy daripada lemak saat istirahat, semakin banyakotot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang dapat dibakar.

4. Mulailah hari dengan teh hijau.

Sebuah analisis dalam Jurnal Internasional Obesitas melihat hasil dari 11 penelitian dan menemukan hubungan yang signifikan antara minum teh hijau dan menurunkan berat badan.

Para peneliti percaya, manfaat penurunan berat badan dengan minum teh hijau berkaitan pada kandungan kafein dan konsentrasi tinggi dari kelompokan antioksidan yang sangat kuat, disebut juga sebagai katekin.

5. Membuat smoothie.

Mengganti sarapan pagi dengan smoothie dapat menghemat hingga 400 kalori setiap hari dan sangat bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Smoothie merupakan makro nutrient yang mengenyangkan karena mengandung protein (bubuk protein, yogurt),serat (bayam, biji rami, bijichia), lemak sehat (selai kacang,alpukat), dan buah-buahan kaya antioksidan, serta alternatif susu dalam jumlah sedang.

6. Mengurangi alcohol.

Menurunkan berat badan bukan berarti harus menghilangkan alkohol sepenuhnya.

Faktanya,mempertahankan asupan wine dalam jumlah sedang sebenarnya dapat mencegah penambahan berat badan dalam jangka panjang. Namun, perlu diingat,minum alkohol secara rutin tetap akan menaikkan berat badan kita.

7. Cukup minum.

Salah satu kebiasaan minum terpenting untuk menurunkan berat badan adalah minum air putih yang cukup agar kita tetap terhidrasi.

Sekitar 60 persen tubuh terdiri dari air dan sangat penting untuk beberapa fungsi tubuh. Sebutlah “tugas” air seperti,membawa nutrisi ke sel, mengatursuhu tubuh, dan melindungi organ serta jaringan.

Ketikakita tidak cukup minum,hal ini mungkin benar-benar menghambat kemajuanpenurunan berat badan.

8. Minum kopi hitam.

Sekitar 67 persen orang AS mengonsumsi kopi dengan tambahan gula, krim, dan pengganti gula.

Tambahan-tambahan itu malah mengandung 69 kalori ekstra per hari, dengan sekitar 60 persen kalori berasal dari gula.

Maka, untuk tetap menurunkan berat badan, sebaiknya minum kopi hitam pahit tanpa ada tambahan apa pun. (kps)