Manfaat Tanaman Anyang-anyang, Bisa Obati Sakit Kepala hingga Anti Bakteri

Tanaman Anyang-anyang/lk.ipb.ac.id

PANGANGIZI.COM – Tanaman anyang anyangan atau dalam Bahasa Inggris memiliki nama Lily Of The Valley Tree  memiliki fungsi sebagai tanaman hias.

Tanaman anyang anyangan juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Anyang-anyang ini termasuk jenis tanaman yang masih keluarga tanaman berbunga.

Tanaman tersebut memiliki daun berukuran kecil memanjang menyerupai dasi dengan bunga berwarna putih dan merah cerah, juga berambut.

Selain indah, tanaman yang banyak tumbuh di daerah sekitar pinggiran air itu ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Karena tanaman anyang-anyang mengandung zat samak dan minyak terbang.

Kemudian, pada bagian kulit batang dan daun tanaman anyang-anyang ini juga mengandung flavonoid, saponin serta polifenol. Bahkan, bagian daunnya memiliki kandungan geranin dan tanin.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai beragam manfaat dari daun anyang-anyang sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Daun Anyang-anyang untuk Kesehatan yakni sebagai berikut:

Obat Sakit Kepala

Daun dari tanaman anyang-anyang ini berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Beberapa jenis penyakit yang bisa membuat kepala terasa sakit dapat sembuh dengan khasiat daun ini. Termasuk migrain atau sakit kepala sebelah.

Herbal Anti Kanker

Manfaat daun anyang-anyang yang berikutnya yaitu untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Karena daun tersebut bisa Anda gunakan sebagai herbal anti kanker. Khususnya dalam menjaga sel tubuh agar tetap sehat.

Obat Radang Ginjal dan Gangguan Empedu

Bagian kulit kayu maupun daun dari tanaman anyang-anyang juga berkhasiat untuk mengobati radang ginjal dan gangguan empedu.

Obat Herbal Anti Sifilis

Air rebusan daun anyang-anyang bisa juga Anda gunakan sebagai obat herbal anti sifilis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin minum air rebusan daun tanaman tersebut.

Obat Bisul

Manfaat daun anyang-anyang sangat ampuh untuk mengobati bisul. Selain itu, daun tersebut juga berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit.

Obat Mencret

Daun anyang-anyang berkhasiat untuk mengatasi mencret, yang mana mencret merupakan salah satu ciri adanya gangguan dalam pencernaan. Jika demikian, maka ketika BAB pun menjadi tidak normal.

Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan daun anyang-anyang. Daun ini berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan serta mengatasi mencret.

Obat Alami Sariawan

Manfaat daun anyang-anyang sebagai obat alami untuk mencegah sariawan. Daun ini ampuh mengatasi sariawan yang kembali datang.

Hal itu berkat adanya kandungan senyawa yang berfungsi memberikan perlindungan lebih terhadap rongga mulut, serta mencegah terjadinya infeksi berlebihan.

Mengatasi Pendarahan

Tanaman anyang-anyang berkhasiat untuk menahan pendarahan dari dalam tubuh, seperti contohnya mimisan atau pendarahan akibat luka.

Anti Bakteri

Manfaat daun anyang-anyang untuk kesehatan salah satunya berfungsi sebagai anti bakteri yang ampuh mengusir berbagai jenis bakteri dari dalam tubuh.

Obat Gondokan

Daun anyang-anyang juga berguna sebagai obat herbal gondokan. Karena daun tersebut mengandung senyawa alami yang mampu mengobati penyakit gondokan. (*)

Artikel ini telah tayang di harapanrakyat.com dengan judul ‘Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit’ https://www.harapanrakyat.com/2022/01/manfaat-daun-anyang-anyang/