Lezatnya Risol Banana dan Ice Cucumber ala De Cafe Balikpapan

PANGANGIZI.COM – Risol Banana Chocolate with cheese dan Ice Lemon Cucumber with Nata De Coco merupakan dua menu spesial dari De Cafe Resto Balikpapan. Kafe yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 11 ini telah berdiri sejak tahun 2002.

Dilaunchingnya Risol Banana ini dilandasi dari banyaknya produksi pisang di Balikpapan. Ya, bahan baku risol ini adalah pisang. Menurut Chef Pastry & Bakery I Wayan Sukarma, dipilihnya pisang karena selama ini risol identik dengan daging, kentang dan sayur-sayuran saja.

Dengan pisang, risol ini akan lebih bergizi. Tentu saja untuk membuat Risol Banana ini juga diperlukan cinnamon, susu buku, butter, putih telur dan kulit risol itu sendiri.

Untuk kulit risol itu sendiri dibuat dengan mencampur tepung terigu sekitar 50 gram, susu UHT 50 gram, telur 1 butir, air sekitar 75 ml dan garam secukupnya.

Topingnya bisa diberi lumeran coklat dan permen berwarna-warni serta strawberry. Untuk pembuatannya sendiri sangat mudah. Pertama-tama siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.

Letakkan pisang yang telah dipotong-potong di atas kulit Risol, tambahkan cheese. Balut mereka dengan kulit risol, lalu lumuri dengan tepung roti. Panaskan minyak goreng di atas wajan.

Setelah panan, masukkan risol tersebut kedalam minyak dan tunggu hingga berwarna kemerah-merahan (matang). Angkat dan tiriskan, lalu plating di atas piring.

Berikan lumeran coklat diatas risol banana tesebut, taburi dengan permen-permen dan letakkan buah strawberry untuk mempercantik hidangan.

Tentu saja hidangan ini tidak lengkap bila tidak ada minumannya. Kali ini Chef Wayan menyajikan Es Lemon Cucumber with Nata De Coco.

Cara pembuatanya sangat mudah. Pertama hancurkan mentimun yang telah dibersihkan dan dikupas. Isi dengan sirup lemon secukupnya dan tambahkan nata de coco sesuai keinginan. Masukkan es batu secukupnya dan sajikan dalam keadaan dingin.

Bagaimana? apa Anda penasaran. Datang saja ke kafenya atau ikuti IG @decafedecafe. (rls)