Kegiatan dan Kerjasama LPPOM MUI KALTIM

Selain kegiatan utama berupa sertifikasi halal produk pangan, obat dan kosmetika, LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Timur juga melaksanakan berbagai agenda kegiatan seperti:

1. Bekerjasama dengan instansi terkait, koordinasi dan konsultasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Dinas yang membidangi IKM Pangan di tingkat provinsi, kota dan kabupaten di wilayah Kalimantan Timur.

2. Pembinaan IKM pangan melalui program sosialisasi langsung maupun tak langsung.

3. Pelatihan calon auditor Halal, Pelatihan Auditor Internal Perusahaan dan Pelatihan IKM

4. Kerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Prov. Kalimantan Timur untuk pengawasan peredaran barang di pasar

5. Pertemuan rutin pengurus LP POM dengan MUI, juga antar pengurus dan anggota LP POM

Adapun bentuk kerjasama yang telah dilakukan LPPOM-MUI Kaltim dengan beberapa pihak diantaranya:

1. Pemprov Kaltim: Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UMKM, Kementerian Agama, Balai Besar POM Samarinda, Dinas Peternakan.

2. Universitas: Universitas Mulawarman, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) Kota Samarinda, IAIN Kota Samarinda.

3. Pemerintah Kabupaten/Kota (Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, Tarakan, Bulungan, Nunukan, Malinau) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UMKM, Dinas Peternakan & Perikanan, Dinas Kesehatan, Kantor Agama.

4. Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

5. Lab. UPTD Kesehatan Hewan dan Kesmavet Prov. Kaltim

SUmber : https://halalkaltim.blogspot.com/2018/08/