Karedok Super Pedas di RM Tahu Sumedang

Jika Anda di daerah Jawa Barat tentu mudah menemukan makanan yang bernama karedok.

Tapi jika Anda di Balikpapan, maka jenis makanan ini sulit didapatkan. Saking rindunya dengan makanan ini, saya mencari karedok di KM 50.

Tepatnya di RM Tahu Sumedang. Rumah Makan ini terletak di Jl. Soekarno-Hatta KM 50. Persisnya di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

Memang menu utamanya adalah Tahu Sumedang. Panganan ini paling banyak dijadikan oleh-oleh bagi orang yang bepergian Balikpapan – Samarinda atau sebaliknya.

Namun yang menarik perhatian saya adalah karedok. Ketika tiba di RM Tahu Sumedang, waiternya menanyakan mau makan apa.

Saya jawab karedok super pedas. Yah..saya memang ingin merasakan pedasnya karedok buatan rumah makan ini.

Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain mentimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dbuat dari lacang tanah, air asam, gula jawa, garam, bawang putih, kencur dan tentunya cabai merah.

Mula-mula bumbu tersebut di uleg di cobek secara merata. Ditambah sedikit air. Lalu potongan-potongan sayuran mentah yang telah dibersihkan dimasukkan ke dalam cobek, diaduk perlahan agar merata bumbunya.

Bila sudah merata, sajikan diatas piring dan beri kerupuk untuk menambah kerenyahan.

Karedok yang saya pesan memang luar biasa enaknya. Pedasnya sampai membuat saya berkeringat. Dan memang ini yang saya inginkan.

Jauh-jauh berkendara dari Balikpapan ke KM 50 tidak sia-sia.

Harganya juga relatif terjangkau untuk ukuran Balikpapan. Hanya 15 ribu seporsi Anda sudah mendapatkan makanan khas sunda yang Anda kangenin.

Silakan mencoba.