Jarang Orang Tahu, Ternyata Begini Cara Cepat dan Ampuh Obati Sariawan

Ilustrasi Sariawan/cnnindonesia.com

PANGANGIZI.COM – Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan.

Penyebab sariawan yang terjadi pun beragam, seperti stres atau bagian dalam mulut yang terluka.

Selain itu, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu ternyata juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sama.

Sariawan adalah infeksi jamur pada mulut yang dapat menyerang bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Ini bisa menjadi gejala ringan dan cepat membaik jika Anda menjaga kebersihan mulut.

Nah, berikut ini cara mengobati sariawan dengan pengobatan rumahan.

Diketahui, sariawan dapat diobati dengan tablet hisap antijamur atau obat kumur jika tidak sembuh setelah mengonsumsi minuman, makan yogurt kultur aktif, atau minum pil probiotik.

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini cara mengobati sariawan dengan bahan rumahan yang dilansir dari situs Very Well Health, Kamis (20/1/2022).

1. Es Krim

Salah satu pengobatan rumahan yang bisa meredakan rasa gatal dan terbakar karena sariawanyang bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa yaitu es krim, es loli, sup dingin, smoothie, dan minuman es yang dihancurkan.

2. Air Garam

Cara berikutnya yang bisa digunakan untum mengobati sariawan yaitu dengan air garam hangat. Caranya, Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk sampai rata, lalu kumur, dan buang. Pastikan anak-anak meludahkannya etelah selesai berkumur.

3. Menjaga Kebersihan

Cara selanjutnya untuk mengobati sariawan yaitu dengan menjaga kebersihan mulut. Bilas mulut Anda dengan air setelah makan dan setelah minum obat, kecuali obat tersebut dimaksudkan untuk melapisi mulut Anda untuk melawan ragi.

4. Sikat Gigi

Gunakan sikat gigi yang lembut, lalu gosok gigi, gusi, dan lidah dua kali sehari. Jika Anda menggunakan gigi palsu, jaga kebersihan gigi palsu Anda dan disinfeksi setiap hari. Hindari obat kumur berbasis alkohol; mereka mungkin membuat sensasi terbakar lebih buruk.

5. Yogurt

Yogurt dengan kultur aktif mengandung lactobacilli (bakteri probiotik) yang dapat menghilangkan ragi di mulut Anda. Konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk mendiskusikan apakah Anda harus memberikannya kepada bayi atau anak kecil.

6. Pil dan minuman probiotik

Pil dan minuman probiotik yang dijual bebas dengan acidophilus dan lactobacilli dapat membantu mengembalikan bakteri ramah ke mulut dan saluran pencernaan.

Pilihan-pilihan ini cocok untuk kasus sariawan ringan yang berkembang setelah Anda menggunakan antibiotik. Sebagai bonus, mereka membantu memulihkan bakteri di saluran usus Anda, yang seringkali diperlukan setelah perawatan antibiotik. (*)

Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul ‘6 Cara Mengobati Sariawan yang Cepat dan Ampuh, Cek Rekomendasi Berikut’ https://www.suara.com/health/2022/01/20/151558/6-cara-mengobati-sariawan-yang-cepat-dan-ampuh-cek-rekomendasi-berikut