Jarang Diketahui, Ini Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

ilustrasi putih telur / grid.id

PANGANGIZI.COM – Putih telur, merupakan salah satu produk unggas yang sering jadi andalan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, khususnya protein, lantaran harganya yang relatif terjangkau.

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan manfaat kuning telur. Namun perlu diketahui, Putih telur ternyata memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu bagian putih juga mengadung mineral walaupun jumlahnya tidak terlalu banayak.

Berikut beberapa manfaat putih telur yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol tekanan darah

Keberadaan kalium (potassium) di dalam putih telur berpotensi mengontrol atau bahkan menurunkan tekanan darah. Kalium adalah zat mineral dan elektrolit yang seringkali dikaitkan dengan kesehatan jantung. Selain itu, putih telur mengandung peptida RVPSL, komponen protein yang bisa menurunkan tekanan darah.

2. Mengobati jerawat

Putih telur dianggap efektif dalam mengobati jerawat karena bisa mengering di wajah dan mengangkat kotoran penyebab jerawat dari pori-pori. Namun jangan pernah menggunakan putih telur bekas, karena berbahaya dan bisa menyebabkan iritasi kulit.

3. Baik untuk penderita diabetes

Siapa sangka, manfaat putih telur rebus juga baik untuk penderita diabetes.  Putih telur yang direbus dipercaya dapat mencegah kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan masalah tekanan darah pada pasien diabetes.

4. Cegah Penuaan Dini

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit kencang, wajah awet muda, putih telur akan sangat baik untuk dikonsumsi. Pasalnya manfaat putih telur untuk kesehatan juga akan sangat bermanfaat untuk cegah penuaan dini.

Konsumsi putih telur secara teratur akan dapat membantu peremajaan sel dan jaringan untuk menghasilkan kulit yang halus. Putih telur juga dapat digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan.

5. Menurunkan Berat Badan
Putih telur bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal. Hal ini karena putih telur merupakan salah satu sumber protein dengan kalori rendah dan sangat sedikit mengandung lemak.

Asupan protein yang cukup bisa mengontrol nafsu makan, mengurangi rasa lapar, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Membangun Massa Otot
Selain membantu proses penurunan berat badan, asupan protein yang cukup juga diperlukan untuk membangun otot yang kuat serta mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia.

Dengan kandungan protein yang tinggi tanpa tambahan lemak, putih telur sangat cocok dimasukkan dalam menu makan sehat, apalagi bagi Anda yang aktif secara fisik atau menjalani latihan kekuatan secara rutin. (*)