Ingat, 7 Kombinasi Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Salah Satunya Madu dan Air Panas

Ilustrasi Susu dan Pisang/grid.id

PANGANGIZI.COM – Berita Nasional yang dikutip PANGANGIZI.COM tentang beberapa  makanan yang tak boleh disantap bersamaan.

Kandungan nutrisi pada makanan membantu organ tubuh bekerja dengan maksimal.

Tapi tidak semua makanan bisa membuat tubuh sehat dan bekerja dengan baik.

Justru ada beberapa kombinasi makanan yang membuat tubuh harus mencerna nutrisi dengan ekstra.

Tak jarang, kombinasi makanan ini justru mengundang racun bagi tubuh.

Seperti, menyantap pisang dengan campuran susu atau daging dengan kentang memang enak.

Tapi ternyata dari segi kesehatan, paduan makanan ini justru memiliki efek buruk bagi tubuh.

Dilansir dari BoldSky (22/2), Berikut beberapa paduan makanan yang tak boleh disantap bersamaan.

1. Madu dan air panas
Madu punya segudang nutrisi yang baik untuk tubuh.
Tak heran kalau banyak ahli nutrisi yang menganjurkan minum madu secara rutin.
Madu juga bisa dijadikan campuran untuk berbagai makanan dan minuman, rasanya manis dan lezat.

Tetapi ada bahan yang dilarang keras dicampurkan dengan madu yakni air panas. Madu dilarang keras dicampur dengan air panas, terutama air mendidih.

Alasannya karena campuran ini akan membuat peningkatan hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) dalam madu. Jika hal ini terjadi maka madu akan bersifat sebagai racun dalan tubuh manusia.

2. Susu dan buah melon

Buah melon sebaiknya dinikmati dalam keadaan segar, karena jika dicampur dengan susu maka bukan nutrisi yang meningkat tapi racun. Campuran susu dan melon akan menghambat proses metabolisme. Dua bahan makanan ini membutuhkan waktu lama untuk diproses dalam lambung.

Semakin lama prosesnya maka susu akan mengental di dalam lambung sehingga nutrisinya sulit dicerna tubuh. Bukan tidak mungkin, paduan susu dan melon juga bisa membuat asam lambung meningkat dan menyebabkan sakit maag.

3. Susu dan pisang

Campuran ini sangat lazim dilakukan orang. Bayangkan betapa nikmatnya menyeruput milkshake pisang atau menyantap pisang dengan kucuran susu kental manis. Meskipun enak, tapi kamu haru mulai berhenti untuk mengonsumsi campuran ini.

Pisang maupun susu sama-sama memiliki sifat menghambat proses pencernaan makanan. Cobalah mulai santap pisang atau susu secara terpisah. Atau beri jeda beberapa jam agar makanan ini tidak bercampur dalam lambung.

4. Susu dan telur mentah

Tidak masalah mencampur susu dan telur untuk kemudian diproses lagi hingga matang.

Yang dilarang disini adalah mengonsumsi langsung campuran susu dan telur mentah. Para ahli gizi tidak pernah menyarankan orang makan telur mentah untuk meningkatkan energi.

Racikan ini kerap diandalkan orang-orang yang sedang membesarkan otot tubuh, padahal caranya keliru. Mengkonsumsi telur mentah bisa menyebabkan infeksi bakteri, keracunan makanan, dan defisiensi biotin.

5. Daging dan Kentang

Ketika protein hewani dimakan bersama dengan sumber karbohidrat seperti kentang, maka dalam sistem pencernaan dua makanan ini akan saling menetralkan.

Kandungan protein daging bisa membusuk, sementara karbohidratnya bisa berfermentasi di dalam lambung.

Hal ini dapat mengakibatkan pembentukan gas dan perut kembung di dalam sistem pencernaan. Ini merupakan salah satu kombinasi makanan yang tidak cocok dan harus dihindari. Tapi nyatanya, orang masih banyak mengonsumsi steak dengan olahan kentang.

6. Teh hijau dan susu

Teh hijau mengandung flavonoid yang disebut katekin yang memiliki beberapa efek baik untuk kesehatan jantung.

Namun ketika kamu menambahkan susu ke dalam teh hijau, maka protein alami susu dapat merusak katekin. Protein alami bernama kasein bisa mengurangi kandungan katekin sehingga manfaatnya tak lagi maksimal.

Sebagai solusi, konsumsilah teh hijau secara alami tanpa campuran bahan apapun. Dengan demikian, kamu bisa merasakan manfaat lebih dari teh hijau.

Beberapa diantaranya yakni membuat tubuh dan pikiran rileks, menangkal radikal bebas serta membantu menurunkan berat badan.

7. Makan buah setelah makan berat

Buah-buahan mengandung gula sederhana yang bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Namun jika kamu menyantap buah usai makan makanan berat, gula buah ini akan terbuang sia-sia.

Makan buah setelah menyantap makanan berat sama saja seperti menciptakan sampah di dalam perut.

Gula buah yang bertemu dengan lemak, protein hingga karbohidrat akan membuatnya berfermentasi dan menciptakan suasana asam di dalam lambung.

Jangankan vitamin dan serat, nutrisi buah-buahan ini bahkan sama sekali tak memberi dampak ada tubuh. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul ‘Punya Efek Buruk, 7 Kombinasi Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan’ https://food.detik.com/info-kuliner/d-5400987/punya-efek-buruk-7-kombinasi-makanan-ini-tak-boleh-dikonsumsi-bersamaan/3