Indonesia Impor Rp 12 Triliun Gandum dari Australia, Akan Diolah Menjadi Bahan Baku Indomie

Ilustrasi Gandum (Sumber foto: Orami.co.id)

PANGANGIZI.COM – Australia menjadi negara pasar gandum terbesar bagi Indonesia Indonesia.

Terbaru gandum asal Australia diekspor sebesar AU$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 12,2 triliun (kurs Rp 10.200) ke Indonesia.

Menteri Pertanian dan Menteri untuk Wilayah Utara Australia David Littleproud menyatakan gandum sebagai produk premium Australia disulap menjadi produk populer di Indonesia. Produk tersebut adalah mie instan Indomie.

“Produk premium kami diubah menjadi produk konsumen populer dalam permintaan global, seperti mie Indomie yang terkenal di dunia,” tutur David dalam keterangannya, Rabu (26/1/2022).

David melakukan kunjungan ke pabrik yang yang menjadi langganannya dalam produk gandum. Dipabrik tersebut Gandum diolah menjadi bahan baku untuk Indomie.

“Saya mengunjungi pabrik penggilingan tepung Bogasari, salah satu pelanggan tunggal terbesar Australia untuk produk gandum,” papar David.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan Indonesia adalah pasar ekspor pertanian, perikanan, dan kehutanan terbesar ke empat bagi Australia.

Jumlah ekspor produk di sektor tersebut yang dilakukan oleh Australia senilai AU$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 29,5 triliun pada 2020-2021.

Diketahui David melakukan kunjungan ke Indonesia dari tanggal 25 hingga 28 Januari 2022.

Dalam kunjungannya tersebut David akan menemui para pelaku agribisnis serta pemerintah Indonesia.

(*)