Gurihnya Daging Domba Bang Ahmad

Nasi kebuli merupakan nasi khas Timur Tengah. Mirip dengan nasi briyani. Nasi ini spesial karena dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin. Lalu kemudian disajikan dengan daging kambing goreng dan tidak jarang ditambah dengan taburan kurma serta kismis.

H. Ahmad, penilik Nasi Kebuli Bang Ahmad telah merintis usaha ini sejak tahun 2018. Kedainya terletak di Jalan MT Haryono, Damai, Balikpapan. Nasi Kebuli Bang Ahmad buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

Harga yang ditawarkan telatif murah. Mulai dari 25 ribu hingga 30 ribu rupiah. Walaupun murah, rasanya boleh diadu. Ahmad sendiri mengatakan, hampir setiap hari mencicipi nasi kebuli dagangannya untuk memastikan kualitas rasa sesuai dengan standarnya.

Terdapat beberapa menu lauk lainnya seperti krengseng daging sapi, krengseng daging domba, daging ayam serta telor ayam. Rasa nasi kebuli ini sulit digambarkan. Harus dirasakan.

Aroma herba dari rempah serta manisnya kismis yang berbaur dengan beras basmati, tentunya akan menambah sensasi spesial dan kenikmatan dari hanya sekedar menikmati nasi putih biasa.

Aroma khasnya berasal dari minyak samin serta cengkeh yang dimasak bersamaan. Ditambah dengan krengseng daging, sungguh sajian ini nikmat. H. Ahmad menambahkan dikedainya ada menu daging domba.

Domba yang digunakan bukan sembarangan. Domba pedaging impor dari Australia yang lebih kaya lemak yang digunakan.

“Saya juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa daging domba lebih kaya protein, fosfor, zat besi dan vitamin B1 jikan dibanding dengan daging kambing.” ujar H. Ahmad.

Sehingga manfaat dari mengonsumsi daging domba sendiri lebih banyak. Pangangizi ikut merasakan guruhnya daging domba. Teksturnya juicy. Bumbunya terasa sampai ke dalam daging. Anda pasti tidak menyesal mengkonsumsinya.