Disdagkop dan UKM Kubar Selenggarakan Pelatihan Pengemasan Gula Merah

Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) dan UKM Kutai Barat menggelar pelatihan packaging (pengemasan) gula merah. Langkah ini dilakukan sebagai upaya penguatan identitas produksi kuliner lokal bagi pelaku usaha industri rumah agar semakin berdaya saing.

Kabid Industri Disdagkop dan UKM Kubar Yuyun Diah S mengatakan konsumen memerlukan produk yang berkualitas. Namanya kualitas yang baik, harus mengikuti selera dipasaran atau pembeli bukan penjual.

Dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan dan menumbuhkembangkan industri, di Kubar. “Terutama, usaha gula merah dan bisa menambah penghasilan keluarga,” kata Yuyun Diah S, pada pelatihan pengemasan gula merah di Kampung Sakaq Tada, Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

Kemudian, meningkatkan dan mengembangkan kualitas gula merah melalui pengemasan yang baik serta menarik sesuai dengan standar dan permintaan pasar.

Diharapkan, permintaan terhadap gula merah semakin meningkat, karena sudah didukung dengan pengemasan yang bagus dan menarik.

Dengan begitu, kualitas gula merah Kubar semakin baik dan berdampak meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku industri gula merah, khususnya di Kampung Sakaq Tada.

Selain gula merah, Kampung Sakaq Tada juga terkenal dengan produksi gula semutnya yang telah dikreasikan dengan beraneka ragam rempah-rempah alami khas Kubar.

“Seperti, gula semut rasa jahe, jahe merah, temulawak, kunyit, kunyit putih, temu mangga dan bawang bromot,”rincinya. (hms6)