Cepat Lelah? Ini Daftar Makanan Ampuh untuk Mengatasinya

Alpukat/gdmagri.com

PANGANGIZI.COM – Setelah bekerja seharian, tentu seseorang akan merasakan kelelahan. Supaya masalah ini tidak menurunkan performa Anda, ada baiknya mencoba makanan penambah stamina yang bisa membuat tubuh kembali bertenaga.

Sejatinya, setiap makanan bisa menambah stamina. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang hanya memberikan stamina sesaat. Namun ada juga makanan penambah stamina dengan efek yang tahan lama. Maka dari itu, kenali makanan penambah stamina yang teruji secara ilmiah ini.

Dilansir dari beberapa sumber berikut sejumlah makanan untuk mengatasi kelelahan.

1. Alpukat
Alpukat adalah buah serba guna yang manfaatnya bisa dinikmati dalam segala suasana. Alpukat bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung nutrisi, serat, dan protein yang bisa memberikan tenaga lebih lama.Apalagi, alpukat mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan energi tubuh Anda.

2. Yoghurt
Minuman yang berasal dari susu ini mampu mengembalikan energi dengan cepat. Kandungan gula alami dalam yoghurt serta protein di dalamnya dilepaskan secara perlahan dan membuat Anda bisa beraktivitas lebih lama.

Selain itu mengonsumsi yoghurt saat Anda tengah flu, minuman ini dapat mengusir perasaan kantuk dengan cepat. Kelebihan lain dari yoghurt adalah kandungan pro biotik yang menguntungkan bagi sistem pencernaan.

3. Oatmeal
Semangkuk havermut dengan susu akan memberikan Anda tambahan energi dengan cepat. Ini karena kombinasi karbohidrat dan serta akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu havermut juga kaya mineral seperti magnesium dan fosfor yang dapat mencegah terjadinya kelelahan.

4. Jeruk
Jeruk, si buah berwarna kuning yang kaya vitamin C, adalah makanan penambah stamina yang bisa memberikan tenaga. Sebab, vitamin C bisa meredakan stres oksidatif dalam tubuh, dan mencegah Anda dari kelelahan.

5. Air dan jus
Dehidrasi merupakan salah satu alasan utama kita merasa lelah. Coba minumlah segelas air dingin, tambahkan jeruk limau, gula dan sedikit garam.

Mengapa garam? Karena garam dapat membangkitkan tenaga setelah Anda kehilangan energi karena keringat sekaligus mengembalikan garam yang keluar bersama keringat.

Alternatif lainnya, Anda bisa mengonsumsi segelas jus orange atau jeruk limau yang manis. Adanya vitamin C, vitamin A dan B1 akan mengembalikan tenaga dan semangat kita.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang walnut, kenari, kismis kaya kandungan lemak Omega 3, tambahkan biji rami atau biji bunga matahari agar kita mendapatkan lemak baik dari kacang-kacangan ini.

Sumber lemak tak jenuh ini akan dibakar lebih cepat oleh tubuh dan dengan cepat melepaskan tenaga tambahan bagi Anda. Selain itu tambahan gula dalam kacang-kacangan akan mengusir rasa lelah dengan efektif.

7. Makanan kaya zat besi
Anda bisa mendapatkan zat besi dari makanan seperti bayam. Zat besi merupakan nutrisi yang bisa mengusir rasa lelah. Kekurangan zat besi atau anemia adalah penyebab utama terjadinya kelelahan mental serta otot.

Asupan zat besi akan meningkatkan sirkulasi, yang menambah pasokan oksigen pada otak dan membuat Anda kembali segar.

(*)