Cegah Anemia Pada Anak, Ini 8 Makanan Penambah Darah

Makanan penambah darah pada anak / Halodoc.com

PANGANGIZI.COM – Anak rentan mengalami kekurangan darah atau dikenal dengan anemia. Darah bisa terbentuk dari makanan yang mengandung zat besi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh anak.

Anemia bisa berbahaya untuk tumbuh kembang anak. Untuk mencegah anemia pada anak, orang tua bisa melakukan sejumlah cara, salah satunya memberikan makanan penambah darah anak.

Berikut sejumlah makanan penambah darah pada anak dilansir dari berbagai sumber:

1. Daging

Daging merupakan salah satu makanan penambah darah anak yang dapat mencegah anemia.
Daging dan hati sapi merupakan sumber zat besi yang tinggi dan mudah dicerna tubuh. Dikutip dari Healthline, 1 porsi hati sapi ukuran 3 ons mengandung 5 mg zat besi.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang merah juga dapat membantu menambah darah pada anak. Setengah cangkir kacang merah misalnya, mengandung 2 mg zat besi.

3. Jeroan

Bagian dalam hewan, seperti hati, jantung, dan otak ternyata juga mengandung zat besi dalam jumlah yang terbilang tinggi. Bahkan, 100 gram hati sapi mengandung zat besi sebesar 6,5 miligram yang telah memenuhi sekitar 36 persen asupan harian. Sementara itu, 100 gram hati ayam mengandung zat besi sebesar 15,6 miligram.

4. Sereal

Bila Anda gemar sarapan sereal, sebaiknya Anda melanjutkan kebiasaan baik ini. Sereal merupakan sumber makanan penambah darah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan asupan zat besi harian Anda.

Pilihlah sereal yang telah diperkaya dengan berbagai nutrisi, seperti zat besi, protein, dan karbohidrat. Selain itu, hindari sereal yang menggunakan gula tambahan.

5. Bayam
Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti kangkung dan brokoli juga mengandung zat besi yang tinggi. Setengah porsi bayam mengandung 3 mg zat besi.

6. Telur
Telur juga mengandung zat besi yang diperkaya dengan protein dan mineral. Satu telur rebus matang mengandung 1 mg zat besi.

7. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti tiram, kerang, kepiting, dan udang, baik untuk Anda konsumsi sebagai makanan penambah darah. Selain itu, beberapa jenis ikan, seperti tuna, ikan kembung, dan salmon juga kaya akan kandungan zat besi.

8. Makanan terfortifikasi

Orang tua juga bisa memberikan makanan yang sudah terfortifikasi. Makanan ini sudah ditambahkan dengan zat besi yang akan membantu mencegah anemia pada anak. Makanan terfortifikasi dapat diketahui dari label makanan. (*)