Bukan Hanya Susu, 8 Makana Ini Memiliki Kalsium Tinggi

Ilustrasi Keju / nilaigizi.com

PANGANGIZI.COM – Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, risiko Anda untuk terkena osteoporosis akan lebih rendah.

Biasanya kalsium dapat ditemukan dalam susu dan produk dairy lainnya. Namun perlu diketahui sejumlah makanan yang kaya akan kalsium, agar kebutuhan kalsium harian Anda dapat terpenuhi.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Selain kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, serta menjaga fungsi otot dan saraf.

Dilansir dari berbagai Sumber, Berikut sejumlah makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

1. Keju

Produk olahan susu ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Mengonsumsi keju juga dapat menjadi alternatif bagi orang yang memiliki alergi akan protein susu. Cukup campurkan keju ke dalam menu makanan sehat setiap harinya, maka kebutuhan kalsium harianmu akan terpenuhi.

2. Alpukat

Baik untuk kesehatan kulit, alpukat yang biasa disajikan dalam menu diet ini juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh, lho.

3. Makanan laut

Makanan laut seperti ikan sarden, tongkol, teri, dan salmon juga kaya akan kalsium. Selain itu, jenis ikan tersebut juga mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan kulit.

4. Yoghurt

Semua jenis yoghurt, terutama yoghurt rendah lemak, merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Dalam 1 porsi atau setara dengan 250 gram yoghurt, terkandung kurang lebih 260 miligram kalsium. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi sekitar 25% kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

5. Susu Kedelai

Jika kamu tidak suka atau tidak bisa minum susu sapi, kamu bisa mencoba minum susu kedelai untuk mendapatkan asupan kalsium. Susu kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Dalam tiap cangkir (200 ml) susu kedelai, terkandung sekitar 240 mg kalsium. Kalorinya pun rendah, yaitu hanya 95 kalori per gelas. Minuman yang mengandung kalsium tinggi ini cocok untuk kamu jadikan pilihan, terutama bagi para vegan dan vegetarian.

6. Okra

Okra mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor, dan kalsium. Oleh karena itu, okra bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang, menguatkan tulang dan gigi, hingga mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin K pada okra juga dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik. Setiap 100 gram okra mengandung 33 kalori, 7 gram karbohidrat, 3,2 gram serat, 0,08 gram kalsium, 18 mg vitamin C, serta antioksidan yang tinggi.

7. Kale

Selain brokoli dan bayam, daun kale juga sangat bisa diandalkan untuk asupan kalsium bagi vegetarian ataupun vegan yang tidak dapat mengonsumsi susu. Kale juga mengandung vitamin K yang sangat tinggi yang berperan penting dalam penyerapan kalsium. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kandungan gizi yang kaya lainnya dalam sayuran ini, seperti magnesium, zat besi, potasium, vitamin B6, vitamin C, hingga vitamin A yang juga tak kalah tinggi.

8. Jeruk

Siapa yang tidak suka jeruk? Kita sering mengkonsumsinya tanpa mengetahui manfaatnya. Padahal, jeruk juga merupakan salah satu sumber kalsium terbaik setelah vitamin C. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung 60 mg kalsium. Bahkan, segelas jus sari jeruk segar dan pekat juga mengandung sekitar 30% dari nilai harian kalsium yang direkomendasikan, setara dengan seporsi sajian susu.

(*)