Berikut 8 Jenis Pupuk untuk Aglonema Agar Tumbuh Subur dan Cantik

Aglonema/kompas.com

PANGANGIZI.COM – Berita Nasional yang dikutip PANGANGIZI.COM tentang 8 jenis pupuk untuk aglonema.

Membuat aglonema tumbuh subur dan besar adalah suatu hal yang diinginkan oleh para pemiliknya.

Ketika aglonema tumbuh subur dan besar, itu akan memengaruhi tampilannya yang menjadi semakin cantik dan menarik untuk dipandang.

Salah satu kunci mendapat aglonema yang subur dan cantik adalah dengan memberinya pupuk yang tepat.

Pasalnya, terdapat beragam jenis pupuk aglonema yang memiliki keunggulannya tersendiri.

Lantas, apa saja jenis pupuk untuk aglonema? Bagaimana penggunaannya?

Berikut 8 jenis pupuk untuk aglonema.

1 . NPK Mutiara

NPK mutiara merupakan salah satu pupuk terkenal di kalangan pecinta tanaman hias.

Cara penggunaan NPK Mutiara juga cukup mudah, yaitu hancurkan butiran halusnya lalu benamkan pada sekeliling aglonema sehingga pupuk cepat terserap. Pupuk NPK Mutiara dijual mulai dari harga Rp16.000/kg.

2. Kompos

Hasil penguraian sisa-sisa tanaman dan hewan pada pupuk kompos membuatnya memiliki unsur hara yang tinggi untuk tumbuhan.

Namun pastikan bahwa pupuk kompos yang Anda pilih benar-benar sudah matang sempurna dengan ciri fisik berwarna coklat kehitaman, remah, gembur dan berbau seperti tanah.

Cara penggunaannya cukup tambahkan beberapa genggam pupuk kompos di media tanam aglonema. Pupuk kompos dijual mulai dari harga Rp6.300/kg

3. Pupuk kandang

Pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau, meski begitu kandungan dalam pupuk kandang juga terbilang cukup bagus dan pastinya aman.

Salah satu pupuk kandang terbaik adalah guano, yang berasal dari kotoran kelelawar. Guano memiliki kandungan N, P, dan K yang lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya.

4. Humus

Kecantikan aglonema dapat ditingkatkan dengan penggunaan pupuk humus.

Kandungan unsur hara makro dan mikro serta nutrisinya yang lengkap membuat humus menjadi pupuk yang tepat bagi aglonema karena berasal dari sisa-sisa tumbuhan.

Cara penggunaan humus cukup taburkan 1 genggam humus ke media tumbuh aglonema setiap 1-3 bulan sekali. Pupuk humus dijual mulai dari harga Rp8.000/kg

5. Pupuk Novelgro

Pupukk Novelgro berbentuk cairan berwarna hijau bening yang mengandung sitokinin unruk meningkatkan dan kandungan klorofil aglonema.

Pupuk Novelgro dapat membuat tanaman tumbuh lebih cepat, dengan daun lebih hijau dan menyerap kandungan hara lebih banyak.

Novelgro diberikan satu sampai dua kali setiap bulan dengan konsentrasi 1 cc per liter air.

6. Pupuk daun growmore

Pupuk satu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk tanaman hias, karena kandungan unsur hara makro dan mikronya yang lengkap.

Selain itu, cara penggunannya juga cukup mudah, yaitu cukup larutkan 1-2 gram grow more dalam 1 liter air dan semprotkan pada bagian daunnya.

Lakukan pengulangan setiap 5-10 hari sekali. Pupuk daun growmore dijual mulai dari harga Rp170.000/kg

7. Pupuk Daun Gandasil D

Mirip dengan grow more, Gandasil bisa menjadi pilihan tepat pada aglonema karena kandungan unsur hara kadar N yang mencapai 20%.

Cara penggunaan pupuk daun gandasil D cukup mudah, yaitu larutkan 1-3 gram Gandasil D dalam 1 liter air, lalu semprotkan pada aglonema.

Lakukan pengulangan setiap 8-10 hari sekali.   Pupuk daun gandasil D dijual mulai dari harga Rp100.000/kg

8. Pupuk Metalik

Pupuk berikut ini mengandung 9 macam unsur mikro yang berfungsi menyediakan unsur-unsur mikro yang diperlukan aglonema memperbaiki warna daun dan bunga. (*)

Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul ‘8 Jenis Pupuk untuk Aglonema yang Ampuh untuk Menyuburkan Tanaman’ https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/12/215236/8-jenis-pupuk-untuk-aglonema-yang-ampuh-untuk-menyuburkan-tanaman