8 Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh, Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan 

ilustrasi minuman Jahe / Kompas.com

PANGANGIZI.COM – Memasuki musim hujan, suhu udara biasanya akan turun secara drastis. Alhasil kita sering meras kedinginan. Kondisi hawa yang dingin secar tiba-tiba ini bisa membuat tubuh menjadi kaget.

Oleh sebab itu tak jarang orang akan menggunakan pakaian yang tebal untuk mengusir rasa dingin yang menusuk tubuh.

Namun ternyata tak hanya pakaian, untuk mensiasati rasa dingin tersbeut kita dapat menangkalnya dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh ketika musim hujan.

1. Jahe

Siapa yang tidak mengenal jahe, bahan ini hakekatnya memberi rasa hangat pada tubuh. Sering kita melihat penggunaan jahe pada makanan dan minuman seperti wedang jahe, susu jahe dan lain-lain.

Sifat termogenik yang dikandung dalam jahe membuat jahe dapat membantu tubuh agar tetap hangat, dan mampu meningkatkan metabolisme serta aliran darah pada tubuh

2. Biji wijen

Banyak makanan yang menggunakan biji wijen, walaupun terlihat kecil, biji wijen memiliki kandungan zat besi dan kalium yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan otot, serta menjaga tubuh tetap hangat dan nyaman saat musim dingin.

3. Sup Kubis

Sup kubis dapat memberikan efek hangat pada tubuh saat dikonsumsi. Tak hanya itu, kubis memiliki serat dan nutrisi yang dapat melawan kanker. Kol juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan gejala pilek.

4. Yogurt

Makan yogurt menghadirkan sejumlah manfaat untuk kesehatan pencernaan karena adanya kandungan bahan probiotik di dalamnya. Jika kesehatan pencernaan kamu sudah berjalan dengan baik, maka hal ini berdampak positif pula untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Sejumlah makanan tersebut dapat secara luar biasa menghangatkan tubuh kamu. Konsumsi sejumlah makanan tersebut agar tetap hangat dan sehat ketika musim hujan mendera.

5. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya dengan zat antioksidan serta vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan wortel menjaga agar kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh kamu tetap prima di musim hujan seperti saat ini. Kamu bisa mengolah wortel dengan menjadikannya sup sayuran yang hangat.

6. Jeruk

Menurunnya sistem kekebalan tubuh mampu menjadikan tubuh kamu sebagai magnet dari berbagai macam virus dan penyakit untuk hinggap di tubuh. Oleh karena itu, membutuhkan suntikan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan rutin makan jeruk segar setiap hari.

7. Madu

Madu adalah salah satu cairan serba bisa yang bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh kamu. Madu mampu menjadi pengganti gula alami yang efektif untuk meredam risiko diabetes. Mengonsumsi madu secara rutin juga dapat mencegah serangan sakit tenggorokan dan demam di musim hujan.

8. Kentang

Makan kentang bisa menjadi alternatif menu karbohidrat kamu di musim hujan. Kentang sendiri memiliki kandungan tinggi pada vitamin dan protein yang merupakan kombinasi sempurna untuk meningkatkan kualitas kesehatan kamu.

(*)