8 Manfaat Buah Tomat, Salah Satunya Mendukung Imunitas Tubuh

Tomat/tokopedia.com

PANGANGIZI.COM – Tomat menjadi salah satu makanan yang digemari.  Tomat memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi tomat setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sangat cocok sebagai menu sajian di pagi hari, makan siang, minuman penyegar atau dimakan mentah di malam hari.

Tomat mengandung banyak senyawa dan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hingga disebut sebagai sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K.

Dilansir dari berbagai sumber Berikut beberapa manfaat makan tomat tiap hari untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung memiliki banyak fungsi, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga agar tidak menggangu organ tubuh lainnya. Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bisa mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan likopen berfungsi untuk menurunkan kolestrol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit di organ vital ini.

2. Mengontrol tekanan darah

Bijak mengonsumsi garam dan natrium dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap ideal. Selain itu, menjaga tekanan darah agar stabil juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat. Kalium dapat melebarkan arteri sehingga aliran darah ke organ vital lebih lancar dan tensi terjaga.

3. Bantu mengelola diabetes

Studi menunjukkan, penderita diabetes tipe 1 makan asupan tinggi serat memiliki kadar gula darah lebih rendah. Sementara itu konsumsi asupan tinggi serat seperti tomat juga bisa membantu mengelola kadar gula darah, lipid, dan insulin penderita diabetes tipe 2. Satu cangkir tomat bisa menyediakan sekitar 2 gram serat. Orang dewasa disarankan makan serat setidaknya 25 gram per hari.

4. Menjaga kesehatan mata

Tomat dapat membantu melindungi mata dari kerusakan ringan. Tomat dapat memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan beta-karoten. Antioksidan ini terbukti bisa melindungi mata dari kerusakan karena paparan cahaya, katarak, dan degenerasi makula karena faktor usia.

5. Bagus untuk Kesehatan Mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mengatasi penyakit gusi gingivitis dan periodontitis serta mencegah kanker dengan memerangi radikal bebas.

Namun, makan terlalu banyak tomat mentah dapat merusak enamel pada gigi karena jumlah asam yang tinggi. Selain itu, menyikat gigi segera setelah makan banyak tomat dapat memperburuk enamel gigi. Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi.

6. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang efektif.

Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

7. Mendukung Imunitas Tubuh

Melimpahnya kandungan vitamin C, jus tomat segar sangat baik dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Vitamin C di dalamnya juga mengendalikan peningkatan hormon stres, membantu tubuh tetap berenergi dan fit setiap hari.

8. Membantu Membakar Lemak

Tak heran jika tomat merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali dijumpai pada menu salad atau makanan sehat lainnya. Karena memang dibutuhkan dalam program diet.

Jika kamu melakukan diet, cobalah untuk memasukkan tomat sebagai bagian dari menu harian. Tomat mendorong produksi asam amino yang disebut carnitine, yang dilaporkan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak tubuh hingga setidaknya 30 persen.

(*)