6 Buah Memiliki Kandungan Serat Tinggi, Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Ilustrasi Buah (Sumber foto: analisa6.blogspot.com)

PANGANGIZI.COM – Serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang berfungsi melancarkan pencernaan.

Serat umumnya banyak ditemukan dalam bahan makanan nabati. Salah satunya, aneka macam buah.

Ada sejumlah buah yang memiliki kandungan serat tinggi. Buah-buah ini cocok untuk oarang yang lagi proses diet.

Dilansir dari berbagai  sumber, Berikut sejumlah buah yang memiliki kandungan serat.

1. Apel

Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sumber serat buah apel ternyata tidak hanya di daging buahnya saja, namun juga di kulitnya. Kandungan serat dari apel ini cukup tinggi dibanding dengan buah lain.

2. Mangga

Mangga merupakan buah rendah kalori dan tinggi serat. Sekitar 150 gram mangga mengandung tiga gram serat. Mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Buah bercita rasa manis dan asam ini juga termasuk sumber antiinflamasi yang dapat mengurangi risiko beberapa penyakit. Kamu bisa mengolah mangga menjadi makanan berat, seperti mango sticky rice atau camilan, seperti es krim dan puding.

3. Pisang

Pisang merupakan buah tinggi serat yang sangat bernutrisi. Setiap 100 gram pisang mengandung 2,6 gram serat yang dapat menyehatkan tubuh Anda. Tidak hanya serat, pisang juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin B6, hingga kalium.

4. Alpukat

Jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya, alpukat juga termasuk buah yang memiliki serat tinggi. Pada 100 gram bahan, setidaknya terkandung 2,2 gram serat di dalam alpukat. Oleh karena itu, buah alpukat sanat bagus dikonsumsi untuk melancarkan saluran pencernaan. Alpukat juga sangat direkomendasikan bagi penderita sembelit atau konstipasi. Selain tinggi serat, alpukat hijau juga kaya akan protein, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A.

5. Buah Naga

Buah yang mengandung banyak air ini juga termasuk jenis buah dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat pada buah naga adalah sekitar 0,7 gram dalam 100 gram bahan. Serat pada buah naga tentunya sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan sekaligus mencegah terjadinya konstipasi. Selain mengandung serat, buah naga juga mengandung nutrisi atau gizi lain yang tak kalah penting. Zat besi, pektin, kalium, fosfor, dan magnesium adalah sejumlah nutrisi yang ada di dalam buah naga.

6. Jeruk

Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, jeruk juga kaya dengan serat. Serat yang dikandung jeruk baik untuk menghindarkan kamu dari penyakit sembelit.

Konsumsi buah dengan kandungan serat yang tinggi bisa sangat bermanfaat untuk kesehatanmu. Hal ini juga bisa membuatmu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang mengancam.

(*)